Tuesday, June 10, 2008

10 Tip Sehat dan Cantik untuk Wanita

Pengen sehat dan terlihat cantik? Gampang kok! Coba ikuti beberapa tips berikut, agar hidup Anda menjadi lebih sehat. Siapa tahu Anda bisa jadi wanita yang sehat dan sekaligus cantik di mata pria.

Jangan Merokok! Merokok adalah salah satu penyebab kematian utama wanita di Amerika. Jika Anda seorang wanita perokok, risiko Anda terserang penyakit jantung dan kanker akan sangat besar, khususnya jika Anda menggunakan alat kontrasepsi oral. Hati-hati terhadap asap rokok di tempat kerja atau di rumah, yang juga akan meningkatkan risiko.

Mengekang kolesterol. Kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko terbesar terserang penyakit jantung, dan secara tidak langsung, dapat meningkatkan risiko penyakit stroke. Menurut Persatuan Jantung Amerika Serikat, kecenderungan kolesterol seorang wanita pada usia 55 tahun akan lebih tinggi dibanding pria. Cobalah untuk tetap diet!

Perhatikan berat badan Anda. Ini masalah kesehatan, bukan masalah kesia-siaan. Wanita memiliki kecenderungan peningkatan tekanan darah tinggi jika berat badan mereka 20 pound, atau di atas berat yang direkomendasikan. Selanjutnya, jika Anda terlalu gemuk, terutama di sekitar pinggang, Anda berisiko besar untuk beberapa masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung dan stroke. Hindari terlalu banyak makan karbohidrat, gula dan makanan berlemak.

Banyaklah makan sayuran! Suatu diet yang kaya dengan sayuran dan buah-buahan, berkaitan dengan kolesterol rendah. Beberapa penelitian menganjurkan suatu hubungan antara makan sayur-sayuran dengan mengurangi risiko kanker, dibanding menghabiskan waktu untuk memutuskan sayuran mana yang akan dimakan untuk mencegah penyakit tertentu. Fokuskan pada bermacam-macam sayuran segar seperti sayuran berdaun hijau, labu kuning, wortel, brokoli, tomat, bawang putih dan bawang bakung. Semua ini akan baik untuk Anda.

Hindari Makanan yang Berlemak. Diet yang ketat terhadap lemak dihubungkan dengan meningkatnya risiko bermacam-macam kanker. Penelitian pada masyarakat di negara-negara yang melakukan diet makanan berlemak secara konsisten menunjukkan kecelakaan berat dan kematian karena kanker usus dan payudara. Rekomendasi peraturan diet adalah untuk menurunkan jumlah lemak yang ada sampai 30% dari kalori. Sumber lemak adalah keju atau margarin, minyak goreng, daging dan semua produk-produk susu. Jika Anda memakai minyak, pakailah minyak zaitun.

Beristirahat. Ini sangat penting bagi tubuh Anda untuk rileks. Anda dapat melakukan beberapa cara seperti meditasi, bernapas yang panjang, atau bahkan membaca merupakan cara untuk rileks. Yang lebih baik, berjalan kaki, karena Anda akan merasa tenang.

Olahraga. Beberapa olahraga dapat menolong Anda hidup lebih sehat, dan bahkan hidup Anda akan lebih produktif. Penelitian baru-baru ini menyarankan bahwa perubahan yang sederhana dalam rutinitas hidup Anda sehari-hari akan menguntungkan untuk kesehatan. Sehingga jika Anda tidak siap untuk berkeringat pada saat senam, cobalah parkir mobil Anda agak jauh dan berjalanlah. Lebih baik naik tangga daripada naik lift dan bermain gantungan dengan anak Anda. Yang penting adalah jika pilihan itu ada, pilihlah untuk tetap bergerak.

Test pap smear secara teratur. Ini akan mendeteksi perubahan sebelum kanker leher rahim pada tahap awal. Pengobatan kondisi ini akan mencegah penyebaran kanker.

Cek Tekanan Darah Anda! Semakin tinggi tekanan darah Anda, semakin tinggi pula risiko terserang penyakit jantung. Konsultasilah dengan dokter Anda untuk membicarakan langkah yang harus Anda ambil supaya tetap menjaga tekanan darah pada tingkat yang sehat.

Periksakanlah payudara Anda secara teratur kepada dokter atau perawat, dan tanyalah pada dokter, kapan Anda memulai mammogram secara teratur. Deteksi awal merupakan pencegahan.
Bagaimana? Sudah siap untuk hidup sehat?

No comments:

Post a Comment