Wednesday, June 25, 2008

Duduk Lama Dapat Berbahaya Buat Bayi

"Jangan meninggalkan bayi yang berusia kurang dari satu bulan dalam posisi duduk untuk jangka waktu lama," demikian saran Dr. Aurore Cote, karena dapat membuat mereka menghadapi resiko peningkatan kondisi kematian bayi secara tiba-tiba.

Cote, dari McGill University Health Center di Montreal, dan rekan-rekannya melaporkan bahwa kematian di kalangan bayi dalam posisi duduk berjumlah tiga persen dari seluruh kematian bayi yang mereka teliti sebagai bagian dari studi mereka.

"Orang harus berhati-hati ketika menempatkan bayi yang masih merah di kursi mobil dan peralatan duduk yang serupa, apakah bayi itu telah lahir pradini atau tidak," kata Cote dan rekannya dalam laporan mereka di dalam Archives of Disease in Childhood.

"Berdasarkan studi lain yang telah meneliti tingkat oksigen di dalam darah bayi dalam posisi duduk, untuk dibandingkan dengan bayi yang berada di tempat tidur, saya akan mengatakan satu jam mesti menjadi waktu maksimum," kata Cote kepada Reuters Health.

Kelompok Cote melakukan kajian selama 10 tahun, hingga Desember 2000, dari semua kematian mendadak yang tak dapat dijelaskan antara kelahiran dan usia satu tahun yang terjadi di provinsi Quebec.

Mereka menggunakan catatan koroner dan medis untuk mengidentifikasi 99 kematian yang dapat dijelaskan dan disebabkan oleh masalah yang berkaitan dengan jantung atau infeksi; dan 409 kematian yang tak dapat dijelaskan.

Secara keseluruhan, 10 bayi dalam kelompok kematian yang tak dapat dijelaskan dan tujuh dalam kelompok kematian yang dapat dijelaskan meninggal sewaktu duduk di kursi mobil atau di tempat duduk lain.

Ketika para peneliti tersebut memperhitungkan usia saat kematian dan menyesuaikan dengan kondisi pradini, mereka mendapati bahwa 9,4 persen bayi yang meninggal pada usia kurang dari 1 bulan berada pada posisi duduk ketika meninggal. Sebaliknya, hanya 2,4 persen bayi yang lebih besar meninggal berada dalam posisi duduk.

Setelah mengkaji masing-masing kasus kematian bayi dalam usia dini, waktu yang dihabiskan dalam posisi duduk, keberadaan masalah saluran udara "mungkin telah memberi sumbangan bagi kematian bayi dalam posisi duduk", kata Cote dan rekannya. (ant)_www.sasak.net

No comments:

Post a Comment