Wednesday, June 25, 2008

Makanan Sehat Pekerja di Depan Komputer

Apakah Anda mempunyai gejala mata lelah, pegal linu atau gejala lainnya? Jika jawabannya ya, maka Anda harus melakukan penyesuaian diri dengan menu makanan. Satu hal yang terpenting adalah segera penuhi gizi, mengatur menu makanan Anda. Di antaranya dengan makanan yang bisa menguatkan otak, memelihara mata dan menguatkan tulang. Ketiga aspek ini adalah yang paling pokok.
Menguatkan otak
Lemak adalah zat penting untuk menguatkan otak. Kerumitannya dalam mengembangkan dan mengasah otak memiliki fungsi yang sangat penting. Makanan tipikal adalah buah berkulit keras, wijen, hewan yang diternak secara alamiah dsb.
Protein adalah dasar materi dalam aktivitas inteligensia, adalah materi penting dalam proses pengekangan dan pengendalian rangsangan sel otak. Makanan tipikal adalah daging tak berlemak, telur ayam, ikan dsb.
Dan karbohidrat adalah sumber energi aktivitas otak. Setelah mengurai menjadi glucosa di dalam tubuh segera menjadi sumber utama pada otak. Makanan tipikal adalah palawija, beras bulu, gula merah, kue-kue dsb.
Vitamin C yang cukup dapat membuat fungsi otak besar menjadi lincah, peka sekaligus meningkatkan inteligensi. Makanan tipikal adalah jenis buah-buahan segar, sayur mayur kuning dan sayur hijau.
Vitamin B kompleks membantu aktivitas kecerdasan. Disini termasuk vitamin B1, B2, asam daun dsb. Saat vitamin B kompleks sangat tidak mencukupi, dapat mengakibatkan gangguan mental, mudah resah dan gelisah, tidak konsentrasi, dan sukar menjaga ketenangan pikiran. Makanan tipikal adalah jamur, sayur hutan (tumbuhan liar yang dapat dmakan) dsb.
Buah berkulit keras kaya dengan kandungan protein, tidak mengenyangkan dan asam lemak, lesitin, garam anorganik dan vitamin, sesering mungkin mengkonsumsi sangat baik dalam memperbaiki dan suplai gizi pada otak.
Jamur memiliki efek pengobatan yang lebih nyata terhadap tekanan darah dan pengerasan pada pembuluh nadi, memiliki fungsi menghilangkan lelah, meningkatkan semangat, menstabilkan mental, mencegah kekurangan darah dan gejala penyakit kanker dsb.
Telur ayam kaya dengan protein, lesitin, vitamin dan kalsium, fosfor, besi dll, adalah zat mutlak metabolisme otak. Selain itu, telur ayam juga lebih banyak mengandung asetilkolina yang mutlak dibutuhkan otak untuk mengingat.
Ikan dapat mensuplai sejumlah besar protein bagi otak, asam lemak dan kalsium, fosfor, vitamin B1, B2 dsb, mereka adalah zat penting pembentukan sel otak dan meningkatkan vitalitasnya.
Kimcam (hemerocallis flava) kaya dengan kandungan protein, lemak, kalsium, besi, vitamin B1, semua ini adalah zat yang diperlukan untuk metabolisme otak, karena itu ada istilah "sayur penguat otak".
Bawang Bombay mengandung zat yang dapat mengencerkan darah, memperbaiki suplai darah otak, sangat baik dalam menghilangkan kepenatan pikiran dan stress berat, dengan mengkonsumsi setengah bawang setiap hari dapat memberi hasil yang baik bagi penguatan otak.
Jawawut kaya dengan protein, lemak, kalsium, besi, vitamin B1 dan kandungan gizi lainnya, mempunyai istilah makanan pokok penguat otak. Jawawut juga memiliki efek pencegahan dan pengobatan saraf lemah.
Longan atau lengkeng bermanfaat bagi jantung dan limpa, menambah darah menenangkan saraf. Segala kelupaan, susah tidur, denyut jantung cepat, inteligensi menurun dll yang disebabkan lemahnya limpa dan jantung, dapat mengaturnya kembali dengan mengkonsumsi buah lengkeng.
Jeruk besar atau jeruk bali kaya dengan vitamin A, B1 dan C, tergolong makanan alkali yang tipikal, dapat menghilangkan sejumlah besar makanan asam terhadap resiko yang disebabkan sistem saraf. Dengan sering mengkonsumsinya dapat meningkatkan semangat, meningkatkan daya ingat dan menyegarkan otak. Selain itu, jeruk semacamnya juga memiliki efek yang sama.
Melindungi Mata
Vitamin A dan B karotin berguna menguatkan hati menjernihkan penglihatan, dan mengurangi mata lelah. Vitamin A terutama terdapat pada hati aneka hewan, dalam minyak hati ikan dan kuning telur. Makanan nabati hanya bisa mensuplai sumber vitamin A. Vitamin B karotin terdapat pada wortel, tomat, bocai, kucai, apricot, ubi jalar dan pada sayur atau buah hijau dan kuning.
Vitamin C juga sangat baik bagi mata. Kandungan vitamin C di mata kita lebih banyak berlipat ganda dibanding dalam cairan darah. Seiring dengan meningkatnya usia, kandungan vitamin C menurun drastis, gizi pada lensa mata memburuk, lama kelamaan dapat timbul denaturasi (perubahan pada suatu benda) pada lensa mata. Karena itu harus banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C.
Wortel kaya dengan kandungan sukrosa, glukosa, pati dsb, di dalamnya paling banyak mengandung Vitamin A, dan manfaatnya sama seperti minyak hati ikan. Selain itu, wortel juga kaya dengan kadar karotin, dapat melindungi atau memelihara kesehatan mata dan kulit.
Bocai mengandung unsur protein, lemak, karbohidrat, serat kasar, kalsium, fosfor, besi, karotena, laktoflavin dsb, ia bukan saja sayuran yang bernilai gizi tinggi, sekaligus juga merupakan produk bermutu merawat mata.
Tomat kaya dengan vitamin, mineral, karbohidrat, asam organik dan sedikit kandungan protein. Karena mengandung keasaman, maka memiliki fungsi melindungi vitamin C, tidak mudah rusak dalam proses dimasak.
Kucai kaya dengan vitamin A kompleks, vitamin C, juga mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin dan minyak yang cepat menguap. Selain itu, kucai juga mengandung zat antibiotik, memiliki fungsi sebagai penyedap makanan dan membunuh bakteri.
Lycium chinense kaya dengan karotena, vitamin A, B1, B2, C, kalsium, besi dsb, adalah gizi yang mutlak untuk kesehatan mata. Sesering mungkin minum teh bunga seruni dan lycium chinense dapat memberi efek perawatan hati dan menjernihkan mata.
Cabe hijau kaya dengan vitamin, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi dan nutrien lainnya, adalah kandungan vitamin C tertinggi di antara semua sayuran.
Apricot mengandung vitamin C yang pas dan kaya vitamin A, di samping itu juga mengandung glucosa, protein, lemak, garam anorganik, vitamin B1, B2 dsb, adalah buah yang nilai gizinya cukup tinggi.
Kurma sangat kaya dengan gizi, mengandung 14 macam asam amino yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, kandungan vitaminnya lebih tinggi daripada appel, dan puluhan kali lipat dibanding dengan buah pisang, mempunyai istilah indah sebagai "pil vitamin aktif".
Menguatkan Tulang
Kalsium adalah zat pengatur aktivitas hidup tubuh manusia, yakni sumber hidup tubuh manusia. Fungsi fisiologisnya secara normal pada setiap sistem saraf dalam memelihara peredaran darah, pernafasan, saraf, sekresi dalam, pencernaan, otot, tulang, saluran kemih, dan dalam sistem kekebalan tubuh berperan sebagai pengatur yang penting. Tidak ada sistem apa pun dalam tubuh manusia yang fungsinya tidak berhubungan dengan kalsium, keseimbangan kalsium berperan vital dalam menjaga kesehatan dan hidup manusia.
Kandungan kalsium pada susu bukan saja tinggi kadarnya, lagipula asam susu dapat mempercepat penyerapan kalsium, adalah sumber kalsium alami terbaik. Selain itu, kadar kalsium pada produk olahan susu beku dan susu asam juga sangat tinggi, sebaiknya sesering mungkin mengkonsumsinya.
Ebi atau udang kering kaya akan gizi, kalsium, fosfor dan mikronutrien, kadar proteinnya juga sangat tinggi. Ebi dan produk hasil laut lainnya merupakan sumber kalsium yang cukup baik. Kandungan gizi pada sayuran rapa atau sawi dan efek terapinya bisa dikatakan adalah yang terbaik diantara semua sayuran. Kadar kalsium dan zat besi-nya sangat tinggi, dengan sering mengkonsumsinya dapat membersihkan darah dan menurunkan tekanan darah, mempertajam daya lihat dan pemisah racun. Wijen hitam adalah sumber penguat kalsium yag sangat baik, dan efek perawatannya lebih baik berlipat ganda dari pada wijen putih. Bagi yang tidak suka minum susu, bisa diganti dengan tiga sendok wijen hitam sehari. Selain itu, kadar kalsium pada selai wijen juga sangat tinggi.
Makanan kedelai berprotein tinggi, kadar kalsiumnya juga sangat tinggi, lagipula kaya dengan asam amino dan besi yang mudah diserap. Makanan produk kedelai lainnya juga merupakan makanan terbaik untuk mencukupi kalsium, seperti misalnya 150 gram tahu kandungan kalsiumnya mencapai 500 miligram. Selederi kaya dengan gizi, mengandung protein, multi vitamin, mineral dan serat makanan yang mutlak dibutuhkan tubuh. Karena kandungan kalsium dan fosfor pada seledri lebih tinggi, maka ia mempunyai fungsi penenang khusus dan melindungi pembuluh darah. Ganggang merah kaya dengan yodium, kalsium, protein, vitamin A, B dan zat mineral lainnya. Dengan sering mengkonsumsinya dapat menghilangkan kolesterol yang tertimbun pada dinding pembuluh darah, mempunyai efek pengobatan mencegah arteriosclerosis (pengerasan pembuluh nadi).

No comments:

Post a Comment