Wednesday, June 25, 2008

Menimbang Kadar Lemak Dalam Menu Makanan Sehari-hari

Masih dalam topik kolesterol dan kesehatan seperti yang kita bahas pada artikel sebelumnya maka kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengukur kadar lemak dalam menu makanan sehari-hari, dan beberapa tips untuk mengurangi konsumsi lemak atau kolesterol dalam makanan kita sehari-hari. Semoga bermanfaat.
Untuk mengetahui pengukuran kadar lemak dalam menu makanan kita, kita perlu mengetahui juga jumlah kalori yang dibutuhkan seseorang setiap hari. Dibawah ini adalah perhitungan jumlah kalori seseorang secara kasar saja, karena kebutuhan kalori tergantung juga dari pergerakan badan seseorang (proses pembakaran kalorinya).
Kalori yang dibutuhkan setiap hari oleh seseorang laki-laki dewasa kira-kira 45kalori/kg berat badannya , sedang wanita dewasa 40 kalori/kg berat badannya.
Misalnya: laki-laki dengan berat badan 65 kg, maka jumlah kalori yang dibutuhkannya adalah: 65X 45 kalori = 2925kalori
Sedang jumlah lemak yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan adalah tidak lebih dari 30% total kalori perhari seseorang. Untuk mengukur lemak dalam makanan kita perlu menilai berapa banyak kalori lemak yang ada dalam makanan kita.

Rumus untuk menemukan % kalori dalam lemak:

1 gram lemak = 9 kalori
Jadi : Gram lemak persajian X 9 = kalori total persajian lemak.
Misalnya: total kalori anda adalah 2000 kal maka lemak yang anda gunakan sebaiknya tidak boleh lebih dari 66gram lemak ( < 30% total kalori). Berdasarkan perhitungan:
30% X 2000 kalori = 600 kalori : 9 (1gr lemak=9kal) = 66,6gram lemak

Beberapa Petunjuk Untuk Mengurangi Konsumsi Kolesterol Dalam Makanan :

• Pilihlah daging yang tidak berlemak, buang lemak yang terlihat.
• Buanglah kulit dari unggas sebelum dimasak .
• Lebih baik memilih ikan sebagai pengganti daging atau ayam.
• Kurangi konsumsi daging sehari-hari, dan kurangi konsumsi daging yang diproses seperti hot dog; sosis dll.
• Bila ingin menggunakan produk kaleng, dinginkan dulu sebelum di buka , lalu buanglah lemak yang menempel pada permukaan kaleng.
• Kurangi memakan kuning telur, kelapa,keju dan organ – organ daging seperti hati, otak. Ini semua mengandung kolesterol yang tinggi.
• Hindari penggunaan minyak kelapa, minyak sawit. Lebih baik menggunakan minyak tak jenuh seperti minyak jagung, minyak zaitun dll.
• Gunakan produk susu rendah lemak seperti susu skim atau yogurt tanpa lemak.
• Cara memasak makanan yang terbaik adalah direbus, panggang, bakar, atau kukus.
• Makanlah lebih banyak buah dan sayuran.
• Makan yang seimbang, dan tidak berlebihan.

Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam memilih menu makanan sehat untuk anda dan keluarga. Ingat tubuh sehat juga tergantung dari diet sehat makanan anda sehari-hari.

No comments:

Post a Comment