Tuesday, June 10, 2008

Tip menjaga kebugaran mata

Anda selalu bekerja di depan komputer dalam jangka waktu lama? Atau Anda harus bekerja di bawah terik matahari yang panas. Atau Anda banyak membaca, menonton tv, atau mengenakan kacamata?

Pasti Anda pernah mengalami kelelahan pada mata Anda. Ini ditandai dengan ketegangan pada mata, rasa gatal atau sepet, lelah, mengantuk. Ada baiknya Anda menjaga agar mata Anda tidak terlalu tegang dan kelelahan. Coba Anda simak beberapa tips berikut ini:

Istirahatkan mata Anda. Caranya: pejamkan mata Anda sejenak. Jangan kucek-kucek mata Anda, namun kerjap-kerjapkan. Ini menurunkan ketegangan mata Anda. Bila Anda terlalu lama melihat dalam jarak yang dekat, alihkan pandangan Anda ke arah yang jauh. Rilekskan kerja mata Anda. Lakukan ini secara periodik, misal selama lima menit setiap 30 menit.

Lepaskan kacamata atau lensa kontak bila tak diperlukan. Bila Anda tak perlu menggunakan kacamata, tanggalkan saja. Kacamata juga bisa membuat mata Anda lelah. Turunkan ketegangan dengan membiarkan mata Anda melihat bebas. Namun, segera kenakan kacamata Anda bila merasa harus mengenakannya. Jangan paksa mata Anda melihat tanpa bantuan kacamata Anda.

Istirahatkan diri Anda. Bila Anda bekerja terus-menerus di belakang meja, di depan layar komputer, atau harus mengamati benda-benda kecil, istirahatkan diri Anda setiap 30 menit. Misalnya, berjalan-jalanlah ke sekitar ruangan, melihatlah ke luar jendela, atau memandang ke kejauhan. Ketegangan pikiran membuat mata Anda juga tegang. Mengistirahatkan pikiran bisa menurunkan ketegangan mata Anda.

Bekerjalah dalam ruangan yang cukup cahaya. Bekerjalah dengan cahaya cukup. Jangan terlalu gelap atau redup. Jangan pula terlalu terang. Tetapi cukup terang agar mata Anda tidak bekerja terlalu keras.

Kurangi jam menonton tv. Bila Anda gemar menonton tv, maka coba kurangi jam tonton tv Anda. Anda bisa menyiasatinya dengan tidak menonton klip-klip iklan di sela-sela acara. Bila Anda bisa mengikuti siaran tv tanpa harus menontonnya, misal acara musik, berita, maka dengarkan saja, tanpa harus menontonnya secara langsung.

Kenakan kacamata pelindung. Bila Anda harus bekerja di bawah terik matahari, kenakan kacamata pelindung sinar ultra violet. Jangan hanya memilih demi gaya dan mode, namun pilih yang benar-benar bisa melindungi mata Anda dari sinar ultra violet. Juga bila Anda harus bekerja di pengelasan, kenakan kacamata pelindung dari percikan api. Cahaya terang dari proses pengelasan bisa membuat mata Anda sakit.

Periksakan mata Anda secara periodik. Idealnya, setiap setahun sekali, periksakan mata Anda. Bila Anda mengenakan kacamata, Anda perlu memeriksakan apakah sudah waktunya Anda untuk menyesuaikan kacamata Anda. Mintalah cairan penyegar mata dari dokter Anda dan gunakan itu secara teratur untuk mengatasi kelelahan mata Anda.

Perhatikan saran kesehatan berikut. Beberapa pakar kesehatan menganjurkan kita untuk memperbanyak mengonsumsi makanan sereal (biji gandum), buah dan sayuran, serta mengurangi garam dan gula.

Makanan yang banyak mengandung gula bisa mengakibatkan pembengkakan lensa bagian dalam, terutama bagi mereka yang mengalami gangguan untuk melihat jarak jauh.

PRC | Global

No comments:

Post a Comment